Tinggalkan komentar

Jumikem, nenek Metaaal

Jumikem (65), ibu enam anak yang tinggal di Jalan Jermal VII, Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, bisa dikatakan wanita tangguh. Bayangkan, pagi subuh saat orang sedang tertidur lelap, dia sudah pergi ke Pasar Sukaramai untuk berjualan nangka.

Metaaal

Sepulang dari pasar, nenek 6 cucu ini kembali berjualan di rumah. Ia membuka warung kecil-kecilan. Beraneka ragam makanan dijual, salah satunya yang terkenal adalah pecal dan tahu goreng.

Rasa lelah sepertinya dia kesampingkan. Semua dilakukan demi keluarga guna mencukupi kebutuhan hidup. Baginya, lelah adalah nomor keseratus. “Yah, pandai-pandailah kita dalam mencari nafkah, kalau bisa jangan mengharapkan suami aja,” ujarnya.

Jumikem, memang oleh warga Kampung Denai dikenal dengan sebutan wanita tangguh. Kesehariannya, wanita yang telah memiliki kerut di wajah karena termakan usia ini berjualan nangka di Pasar Sukaramai.

Hasilnya lumayan buat tambahan belanja bumbu dapur dan biaya anak-anaknya bersekolah. Nangka diperoleh dari para tengkulak dan kemudian dia kupas lalu diecer satu persatu. “Kalau untung sih ndak seberapa, yah cukuplah buat belanja sehari hari,” tambah Jumikem.

Hanya itu yang bisa dia lakukan. Maklumlah wanita yang satu ini hanya menamatkan Sekolah Dasar (SD). Tak seperti para pejabat dan wanita karir lainnya.

Kerja keras Jukimen, membantu suami Tugino (75) dalam mencari nafkah sangat dirasakan putra-putrinya. Bagi anak-anak mereka, sosok Jumikem merupakan contoh tauladan yang tak kenal menyerah.

“Ibu memang keras, sangat giat mencari nafkah walau hanya berjualan nangka di pasar. Namun, berkat beliau kini kami anak-anaknya sudah ada yang mapan,” ujar Edi, putra sulung Jumikem.

Meski belum menampakan hasil, setidaknya hasil jerih payah dan usaha Jumikem selama ini dalam membantu suaminya mencari nafkah telah menamatkan sekolah keenam anaknya.Berita Sumut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: